wisatanyayogyakarta photo cooltext950359476_zps4adcdfdc.png

7 Maret 2013

Goa Jomblang


Gua  Jomblang terletak sekitar 50 km di sebelah tenggara Kota Yogyakarta atau  sekitar 10 km dari Wonosari, Ibu kota Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Dukuh  Jetis Wetan, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi DI Yogyakarta,  Indonesia. Gua  Jomblang merupakan satu dari sekitar 500 gua yang terdapat di kawasan  pegunungan karst Gunung Kidul. Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang jarak  antara bibir gua dengan dasarnya beragam, jarak paling jauh sekitar 80 m. Oleh  karena itu, untuk memasukinya dibutuhkan kemampuan melakukan Single Rope Technique (SRT). SRT sendiri merupakan teknik yang digunakan untuk menelusuri gua  vertikal dengan menggunakan satu tali sebagai lintasan untuk naik dan turun  medan-medan vertikal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar