wisatanyayogyakarta photo cooltext950359476_zps4adcdfdc.png

21 Februari 2013

Pantai Parangtritis

 
Secara administratif Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Terletak sekitar 27 km arah selatan Kota
Yogyakarta dengan jalan yang relatif datar menjadikan Pantai Parangtritis mudah dicapai. Dari arah Kota Yogyakarta terdapat dua jalur yang dapat dilalui untuk mencapai pantai ini. Jalur yang pertama adalah jalur Yogyakarta – Jalan Parangtritis – Kretek – Parangtritis. Jalur ini merupakan jalur utama yang biasa digunakan wisatawan maupun masyarakat luas pada umumnya. Jalur yang kedua adalah jalur Yogyakarta – Imogiri – Siluk – Parangtritis. Jalur ini relatif lebih jauh namun menjanjikan panorama alam yang lebih bagus dibandingkan  mata Anda akan dimanjakan dengan areal persawahan.
Pantai Parangtritis diyakini oleh masyarakat merupakan bagian dari daerah kekuasaan Ratu Selatan atau yang dikenal dengan nama Nyai Roro Kidul.  Menurut masyarakat setempat Nyai Roro Kidul menyukai warna hijau, oleh karena itu wisatawan yang berkunjung ke Parangtritis disarankan tidak memakai baju berwarna hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar